SEMBILAN


Hari ini tanggal dua puluh tujuh Juli tahun dua ribu dua puluh. Sebuah tanggal dengan angka-angka instimewa. Kalau tanggal hari ini saya jadikan angka maka akan nampak nomor-nomor seperti ini. 2-7-7-2-0.
Sebaran nomor-nomor itu pada hakikatnya hanya dua angka. Sesungguhnya cuma terdiri dari angka dua dan tujuh. Yang saya sebut sebagai angka istimewa tadi. Nol tidak saya anggap. Saya abaikan karena tidak bernilai. Kosong.
Angka dua dan tujuh di tanggal hari ini bila dijumlah adalah sembilan. Lalu angka tujuh dari bulan Juli dan angka dua dari tahun ini bila dijumlah sama dengan sembilan juga. Berarti angka dua tujuh tujuh dua adalah angka-angka istimewa.
Ini bukan sebuah angka kebetulan. Angka-angka itu tetap seperti itu. Mau dibuat seperti apapun dua tetap dua. Tujuh tetaplah tujuh.  Semua angka tadi sama saja seperti itu. Jumlahnya menjadi sembilan adalah wajar. Karena tidak mungkin dua ditambah tujuh akan muncul nomor atau angka yang lain. Pasti sembilan, bukan?
Pembaca yang terhormat! Apakah Anda bingung dengan angka-angka dan uraian perhitungannya? Apakah Anda juga bertanya-tanya mau apa atau untuk apa angka-angka itu? Kalau iya maka Anda telah mengikuti tulisan ini dengan teliti. Saya sungguh berterima kasih padamu atas kerelaan kesetiaanmu membaca.
Oleh karena itu Anda tidak perlu pusing dengan apa yang saya uraikan di atas. Karena itu hanya permainan kata saja. Angka-angka itu tidak mengandung makna apa-apa. Tapi berarti.
Kata yang saya buat bolak balik itu tidak mengandung ramalan. Sebab saya bukanlah seorang numerolog. Jadi saya tidak sedang meramalkan sesuatu. Tapi saya ingin menyampaikan sesuatu. Apa itu?
Saya ingin menyampaikan kepada Anda, pembaca yang budiman bahwa hari ini adalah suatu hari bahagia bagi saya dan rekan-rekan. Kami akan merayakan ulang tahun. Hari jadi ke sembilan seperti judul di atas yang adalah angka sembilan.        
Ya, hari ini tanggal dua puluh tujuh Juli adalah ulang tahun ke sembilan gereja kami. GBI Kupang Baru. Gereja yang berlokasi di kayu putih kota Kupang, NTT. Gereja yang telah melayani umat atau jemaat selama sembilan tahun ini.
Pelayanan GBI Kupang Baru sejak awal berdirinya berlandas pada visi dan misi yang bersahaja. Yaitu: Menjadi gereja misioner yang berdampak dengan karakter Ilahi melalui nilai-nilai kekudusan, kedewasaan dan kerukunan.
Gereja misioner yang membuat hidup lebih berdampak ini selalu melakukan pelayanan misi.  Turun ke desa-desa sekali sebulan. Bentuk pelayanannya pada masyarakat yang dikunjungi ada dua. Pertama, pelayanan untuk memenuhi kebutuhan jasamani. Dan yang kedua, pelayanan kebangunan rohani.
Bentuk pelayanan untuk pemenuhan kebutuhan jasmaninya adalah: Pemerikasaan kesehatan. Pengobatan gratis. Dan pembagian kacamata baca bagi mereka yang membutuhkan. Membutuhkan atau tidak akan ketahuan dari hasil diagnosa.
Pelayanan kesehatan ini melibatkan banyak dokter dan tenaga medis relawan. Mereka berada di bawah koordinasi Gembala jemaat, Pdt. Dr. Frans Homalesy, Sp.An. Anggota masyarakat yang datang dilayani satu persatu sesuai yang keluhannya.
Sedangkan pelayanan untuk pemenuhan kebutuhan rohaninya adalah dengan mengadakan kebaktian kebangunan rohani. Selain itu, diberikan juga pelayanan doa secara individu kepada setiap mereka yang hadir. Mereka didoakan satu demi satu oleh para hamba Tuhan.
Sayangnya sejak corona merebak kegiatan misi ini dihentikan sesuai anjuran pemerintah. Yaitu anjuran untuk berdiam di rumah. Menjaga jarak secara fisik maupun sosial. Artinya dihimbau untuk tidak berada dalam dan membuat kerumunan masal.

Selamat ulang tahun ke sembilan GBI Kupang Baru!
Tuhan Yesus memberkati dan menyertai
setiap pelayananmu yang memuliakan nama-Nya!

AMIN!


  
Yolis Y. A. Djami (Tilong-Kupang, NTT)
Kamis, 23 Juli 2020 (11.00 wita)

Comments

Popular posts from this blog

TIDAK PAKE JUDUL

POIRHAQIE de KRISSIEN

TERKONDISI SEBAGAI ORANG SISA-SISA