ULANG TAHUN


Hari ulang tahun adalah momen yang ditungu-tunggu. Siapapun yang merayakannya akan bergairah menantikannya. Bahkan baru saja merayakannya ia sudah tak sabar untuk mengulanginya di kali berikut. Ia sudah membayangkan apa yang akan dilakukan untuk perayaan berikut.
Biasanya satu minggu sebelum hari-H segala sesuatu sudah dipersiapkan. Mulai dari tempat dengan tata ruang meriah. Undangan dari berbagai lapisan sosial. Hidangan yang wah menggiurkan. Dan detail acara menghibur. Ada juga bahkan persiapan door prize bagi mereka yang hadir. Sungguh menyenangkan. Sangat menggairahkan.
Dengan persiapan yang sedemikian rupa diharapkan undangan senang. Yang punya acara pun puas bila yang datang senang. Mereka yang datang menghadiri akan berdecak kagum. Mungkin di antaranya akan membandingkan secara diam-diam situasi ini dengan acara-acara yang pernah dia hadiri sebelumnya. Tak apa. Lumrah.
Pesta ulang tahun yang meriah adalah prestise. Malah bisa juga merupakan sebuah prestasi. Ia menunjukkan status sosial pemilik acara. Ia merepresentasi harkat dan martabat yang punya pesta. Semua ini berkelindan di dalam diri pembuat hajat. Semua itu melekat menyatu dalam sosok sisik melik pelaku pesta.
Suatu prestise berasal dari sebuah kerja keras yang bermuara pada prestasi. Prestasi baik yang memuncak akan mendongkrak status sosialnya hingga ke puncak. Status sosialnya yang tinggi akan menggerek mengangkat harkat martabatnya. Harkat martabat terpuji yang terinternalisasi akan mengimpartasi komunitas di mana dia ada.
Universitas Persatuan Guru 1945 NTT sudah hadir di tengah-tengah masyarakat. Hadir untuk mengimpartasikan pendidikan yang merakyat. Pendidikan yang berbasis pada peluhuran harkat kemanusiaan civitasnya. Ia ada sebagai eksistensi yang berdampak.
Universitas Persatuan Guru 1945 NTT akan merayakan hari ulang tahunnya. Hari jadi yang ketiga ini akan dirayakan pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020. Rencananya akan dirayakan di komplek rektorat yang beralamat di Jalan P. A. Manafe nomor 7 Kelurahan Kayu Putih, Oebobo, Kupang.
Seperti yang lalu-lalu, ulang tahun kali inipun dia tidak berpesta menunjukkan siapa dirinya. Tidak juga untuk memperlihatkan prestise, harkat dan martabatnya. Ia justru hanya ingin berbagi kasih dengan orang-orang di sekelilingnya. Ia lakukan itu sebagai respon terhadap situasi pandemi covid-19 yang memedihkan.
Agenda kegiatannya antara lain: Senam erobik, refleksi diri, dan berbagi kasih dengan sesama. Bentuk berbaginya tidak disebarluaskan. Apa yang akan dibagikan tidak dibocorkan. Masih dirahasiakan oleh panitia. Kemungkinan mereka akan lakukan secara spontan. Panitia merasa ini tak perlu dipublikasi tapi harus direalisasi.  
Acaranya atau kegiatannya akan dimulai pada pukul tujuh pagi wita. Semua civitas akan bererobik ria bersama di halaman rektorat. Erobiknya direncanakan satu jam kurang lebih. Kegiatan erobik ini penting sebagai usaha meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian dapat menghambat dan membebat merambatnya covid.
Kemudian ada suatu momen berefleksi dari rangkaian agenda. Refleksi diri ini penting biar senantiasa mawas diri. Ia akan menghimbau agar tidak jumawa. Ia dibutuhkan sebagai wahana introspeksi. Dengan berefleksi diharapkan akan selalu bercermin untuk terus menata diri. Dengan refleksi pula dia akan mendapat energi positif. Dengan energi positif itu dia akan semakin progresif melaju meraih prestasi yang masif.
UPG 1945 NTT belum banyak berbuat sesungguhnya. Karena di ulang tahun ketiga ini secara usia manusia dia masih balita. Sebuah kategori dan tahap usia yang masih tertatih. Ditambah pula kondisi kritis krisis covid. Wabah yang membuat setiap sektor tambah lemah. Tetapi dia tak akan pernah letih berlatih. Berlatih dan mengasah diri membidik prestasi yang lebih tinggi.
Semoga kampus yang sangat memperhatikan masyarakat bawah ini semakin berkiprah lebih. Berkiprah mengibarkan panji-panji pendidikan yang berkemanusiaan. Yaitu pendidikan yang berfokus pada peningkatan harkat kemanusiaan peserta didiknya. Pendidikan dengan sentuhan kemanusiaan yang manusiawi.
Selamat ulang tahun yang ketiga UPG 1945 NTT!
Selamat berbenah!
Selamat berjuang!
Selamat menyambut anggota baru yang sedang berbaris mengantri di pintu!
       


Yolis Y. A. Djami (Tilong-Kupang, NTT)
Jumat, 29 Mei 2020 (12.12 wita)

Comments

Popular posts from this blog

POIRHAQIE de KRISSIEN

BELAJAR = PEMAKSAAN PEMBIASAAN DIRI

TIDAK PAKE JUDUL