PERINGATI HAORNAS DENGAN SENAM PGRI

Tanggal sembilan September selalu diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional Indonesia. Hari kemerdekaan para pelaku olahraga di nusantara tercinta. Dan hari Rabu ini adalah peringatan ke 37.

Tadi pagi di kampus FKIP UPG 1945 NTT, mahasiswa dan dosen PJKR merayakannya secara sederhana. Perayaan yang tetap memberlakukan protocol kesehatan. Perayaan peringatannya hanya dengan senam bersama.

Kegiatan ini berlangsung di lantai tiga FKIP UPG 1945. Peserta hadir terdiri dari unsur mahasiswa dan dosen yang khusus dari prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Jumlah seluruhnya sekitar 35 orang.

Mahasiswa yang terlibat berasal dari semester satu, tiga dan lima. Semester tujuh tidak hadir karena sedang menjalani program KKN. Atau istilah yang biasa dipakai di lingkungan UPG 45 NTT adalah Kukerta, kuliah kerja nyata.

Tidak semua mahasiswa dan dosen hadir. Ini karena mereka mempunyai berbagai alasan yang dapat diterima. Seperti: Sakit, masih berada di kampung halaman, atau ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Maka keberadaan kami merepresentasi seluruh civitas PJKR.

Acara senam diadakan di aula Charles Manu FKIP UPG 45 NTT. Senam yang dilaksanakan adalah senam PGRI versi terbaru. Semua belajar melakukan gerakan-gerakan senam PGRI ini dengan mengikuti instruktur handal dari prodi PJKR.

Yang menjadi instrukturnya adalah salah satu dosen terbaik di prodi PJKR. Yaitu Ibu Marthina Dewi Lengo, S.Pd., M.Fis., AIFO.P. Sekalipun beliau tidak muda lagi tapi masih sangat energik dan luwes dalam menampilkan gerakan-gerakan ciamik versi senam PGRI tersebut.

Semua peserta sangat antusias mengikuti seluruh proses kegiatan senam tersebut. Ini terbukti dari keseriusan mereka dari awal hingga akhir. Dan tak ada satu pun peserta yang beranjak dari tempatnya dalam barisan sampai komando pamungkas yang menyatakan agenda senam usai.

Kurang lebih satu jam setengah dilangsungkannya senam erobik ini. Dimulai dari jam 07.00 dan baru berakhir di pukul 08.30 wita. Senam erobik adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menaikkan imun tubuh.

Kekebalan tubuh sangat diperlukan sebagai senjata menangkal persebaran covid-19. Kesadaran ini menggerakkan segenap civitas PJKR FKIP UPG 45 NTT untuk bererobik ria. Kegiatan senam erobik ini sekaligus untuk memperingati Haornas.

Haornas kali ini juga merupakan hari pembukaan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2020/2021. Di kampus, mereka menyebutnya dengan PPKKMB sebagai singkatan dari program pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru.

 Seharusnya sesudah senam, mereka, para mahasiswa baru ini masih mengikuti ceramah di dalam kelas. Namun karena ada beberapa kendala teknis yang tidak bersahabat, maka kegiatan diakhiri.

Sesuai anjuran pemerintah agar setiap komponen sebisa mungkin memotong pergerakan covid, maka acara PPKKMB dilakukan secara berselang. Artinya sehari berkegiatan di kampus dan hari berikutnya istirahat di rumah.

Kegiatan ini berlangsung selama seminggu dengan agenda tetap. Yaitu: Senam erobik di pagi hari pukul tujuh, lalu istirahat. Kemudian dilanjutkan lagi dengan ceramah hingga jam sepuluh pagi.

Ceramah ini perlu dilakukan sebagai bekal mereka dalam menghadapi pembelajaran sebagai mahasiswa. Sebab pembelajaran di perguruan tinggi sekarang berbeda dari apa yang mereka alami dan jalani di sekolah menengah dulu. Oleh karenanya agenda ini adalah suatu keniscayaan.

Semoga kegiatan ini memperoleh perkenanan Tuhan sehingga berjalan baik hingga berakhirnya nanti. Dan semoga pula semua peserta PPKKMB kali ini dilindungi-Nya. Kiranya tidak ada ekses khusus yang mengakhawatirkan dari kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Selamat beraktivitas. Tetaplah berpaut pada imbauan pemerintah. Yakni dengan menjalankan protokol kesehatan yang standar. Senantiasa menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker.    



Tilong-Kupang, NTT

Kamis, 9 September 2020 (22.22 wita) 

Comments

Popular posts from this blog

POIRHAQIE de KRISSIEN

BELAJAR = PEMAKSAAN PEMBIASAAN DIRI

TIDAK PAKE JUDUL