MEMBUAT SIARAN TV PENDIDKAN LEWAT HP

Selamat siang guru-guru hebat Indonesia. Siang ini kita akan mendapatkan materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Profesor Deni Darmawan. Beliau Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Inti pembelajarannya adalah bagaimana kita dapat mengembangkan program televisi pendidikan terutama secara mobile dan personal melalui aplikasi HP. Yaitu penggunaan kamera jurnalis untuk memproduksi siaran langsung melalui aplikasi wouja gocorder. Kamera jurnalis merupakan aplikasi kamera yang bisa dipakai ketika akan meliput aktivitas di mana saja. Kapan saja.

Program siaran tv bisa diproduksi dengan kamera yang diinstal di hp. Kamera hanya ditujukan ke kegiatan apapun dan rekam. Ada tiga langkah: 1. Mengunduh aplikasi gocoder. 2. Menginstal aplikasi gocoder di hp. 3. Set up kode-kode siaran langsung. Untuk bisa merekam kegiatan menggunakan hp, maka harus dipastikan bahwa hp memiliki memori besar dan baterai yang kuat/tahan lama.

Bila tidak bisa tayang langsung, bisa direkam terlebih dahulu dan mengirim filenya ke UPI untuk ditayangkan sesuai program dan jam tayang yang tersedia.

Ada contoh siaran yang harus tayang langsung dari hp orang yang bersangkutan. Jadi tidak perlu kamera man dari TVUPI mendatangi narasumber.

Semua guru Indonesia diberi kesempatan menjadi penyiar atau menyiarkan langsung kegiatan apapun dari mana saja cukup dengan menggunakan hp sendiri.


Yolis Y. A. Djami (Tilong-Kupang, NTT)
Minggu, 24 Mei 2020 (20.52 wita)

Comments

Popular posts from this blog

POIRHAQIE de KRISSIEN

BELAJAR = PEMAKSAAN PEMBIASAAN DIRI

TIDAK PAKE JUDUL